Rabu, 01 April 2015

SITU CILEUNCA - Pangalengan Bandung - Wisata Pangalengan

WISATA PANGALENGAN - SITU CILEUNCA

photo copyright at wisatapangalengan 

Situ Cileunca

     Situ Cileunca merupakan sebuah danau yang berada di daerah Pangalengan Bandung. Danau ini adalah danau buatan dengan luas mencapai 1.400 hektar dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah. Selain difungsikan sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air yang berasal dari danau tersebut dialirkan melalui Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena rafting atau arung jeram karena memiliki beberapa bagian yang menantang, dengan udara yang sejuk, dipenuhi pohon-pohon dipinggir sungai membuat arung jeram di Pangalengan menjadi salah satu area arung jeram terbaik di Bandung.




photo copyright at @wisatapangalengan


     Situ Cileunca memiliki kedalaman sampai 17 meter, situ cileunca ini berada di ketinggian 1550 mdpl membuat suhu di Pangalengan ini menjadi sangat dingin, bagi traveller yang akan berwisata ke Pangalengan direkomendasikan membawa/memakai jaket/ baju hangat . Selain bisa menikmati keindahan situ dan iklimnya yang segar, pengunjung juga bisa mendatangi kebun strawberry dan kebun arbei. dan kita juga bisa berkeliling area danau menggunakan perahu. kini di Situ Cileunca juga memiliki fasilitas flying fox dan arung jeram dengan berbagai varian tarif dan fasilitas yang berbeda pada setiap paketnya.



     

Di Situ Cileunca juga ada hal yang lagi ngehits banget, yaitu Jembatan Cinta. Disebut Jembatan Cinta karena setiap sore banyak pasangan yang berpacaran di Jembatan Cinta. Ada juga warga yang menyebutnya jembatan merah / jembatan seribu selfie.


photo copyright at @wisatapangalengan


     Jembatan Cinta pada awalnya dibangun oleh pemerintah desa secara swakelola dan pada awalnya dimaksudkan untuk membantu mobilitas transportasi dan ekonomi warga. Jembatan ini dibangun diatas Situ/Danau Cileunca yang menghubungkan dua desa. Jembatan Cinta juga menjadi terkenal karena banyak traveller yang berfoto dijembatan ini dan mereka mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram, bisa dilihat dengan hashtag #SituCileunca & #WisataPangalengan.

Lokasi

Situ Cileunca berada di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 
Jarak yang ditempuh sekitar 45km dari Bandung. 
  • Bandung - Kopo - Banjaran - Pangalengan.
  • Atau bisa menggunakan jalur Cimahi – Cipatik – Soreang – terus menuju arah Pangalengan
  • Rute dari Jakarta Masuk tol Cipularang terus menuju pintu keluar tol Kopo selanjutnya menuju ke arah pangalengan ( Desa Wanasari)
Dari Bunderan Pangalengan Belok Kanan, sekitar 4km nanti akan langsung terlihat Situ Cileunca.


Fasilitas yang terdapat di situ cileunca :
Pesona alam yang sangat indah
Perahu untuk mengelilingi Situ Cileunca
Fasilitas Outbound
Fasilitas Arung Jeram
Warung-warung Makan
Mushola
WC untuk MCK yang sangat baik dan bersih
Kondisi jalan yang sangat baik

Tiket Masuk :
Tiket Masuk Rp. 5000 hari biasa dan Rp. 10.000 hari libur.
Out Bound Rp. 150.000-450.000/orang.
Arung Jeram : Rp. 150.000/Orang.

photo copyright at @wisatapangalengan


Support Wisata Pangalengan

wisata-pangalengan.blogspot.com

*

×

Total Tayangan Halaman

Join Wisata Pangalengan